Kode Etik Profesi Akuntan Publik (KEPAP) 2019 berlaku efektif 1 Juli 2019.

KEPAP 2019 diadopsi berdasarkan Code of Ethics from International Ethics Standards Boards for Accountant 2016 Edition tanpa memasukkan Non-Compliance with Laws & Regulations (“NOCLAR”). KEPAP 2019 menetapkan prinsip dasar dan aturan etika profesi yang harus diterapkan oleh setiap individu dalam Kantor atau Jaringan Kantor, baik yang merupakan anggota IAPI, maupun yang bukan merupakan anggota IAPI, yang memberikan jasa professional yang meliputi jasa asurans dan jasa selain asurans ataupun yang berkerja pada entitas bisnis. Penyajian pengaturan dalam KEPAP 2019, terbagi dalam 3 (tiga) bagian, yaitu:

  • Bagian A: Penerapan Umum Kode Etik;
  • Bagian B: Akuntan Publik atau CPA yang Berpraktik Melayani Publik; dan
  • Bagian C: CPA yang Bekerja Pada Entitas Bisnis.

Download

Kode Etik Profesi Akuntan Publik (KEPAP) 2020 berlaku efektif 1 Juli 2020, kecuali bagian 4A Seksi 540 akan berlaku efektif untuk audit dan reviu Laporan Keuangan untuk periode yang dimulai pada atau setelah 1 Januari 2022.

Kode Etik Profesi Akuntan Publik mengadopsi Handbook of the International Code of Ethics for Professional Accountants including International Independence Standards 2018 Edition yang diterbitkan oleh International Ethics Standards Board for Accountants. Penyajian pengaturan dalam KEPAP 2020, terbagi dalam 5 (lima) bagian, yaitu:

  • Bagian 1: Kepatuhan Terhadap Kode Etik, Prinsip Dasar Etika dan Kerangka Kerja Konseptual;
  • Bagian 2: Anggota yang Bekerja di Bisnis;
  • Bagian 3: Anggota yang Berpraktik Melayani Publik;
  • Bagian 4A: Independensi dalam Perikatan Audit dan Perikatan Reviu; dan
  • Bagian 4B: Independensi dalam Perikatan Asurans Selain Perikatan Audit dan Perikatan Reviu.

 

Dalam KEPAP 2020, terdapat pengaturan terkait :

  1. NOCLAR yang sejalan dengan peraturan dari berbagai otoritas tersebut. Bagian 2 paragraf 260 mengatur lebih lanjut NOCLAR bagi Anggota yang bekerja di bisnis dan Bagian 3 paragraf 360 mengatur NOCLAR bagi Anggota yang berpraktik melayani publik.
  2. Ketentuan tentang hubungan yang berlangsung lama antara personel (termasuk rotasi 3 (tiga) kategori Rekan yang terlibat dalam penugasan audit atau reviu atas laporan keuangan untuk entitas berakuntabilitas publik) yang mencakup ketentuan periode jeda (cooling-off period) yang lebih lama dibandingkan pengaturan dalam Kode Etik efektif per 1 Juli 2019 maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Download

Close-off document ini diterbitkan sebagai pengaturan lebih lanjut terhadap Kode Etik Profesi Akuntan Publik (KEPAP) efektif 1 Juli 2020 yang secara spesifik mengatur ketentuan transisi periode jeda yang tidak dapat dipisahkan dalam Seksi 540 KEPAP dan berlaku efektif untuk perikatan audit dan perikatan reviu atas laporan keuangan untuk periode yang dimulai pada atau setelah tanggal 1 Januari 2021. Terminologi Close-Off Document ini dalam bagian-bagian selanjutnya dalam naskah ini adalah merujuk pada dan sebagai pengaturan lebih lanjut paragraf P540.19 KEPAP efektif 1 Juli 2020 untuk disesuaikan dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 tahun 2015 (“PP 20”) dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 13/POJK.03/2017 (“POJK 13”).

Download

Kode Etik Profesi Akuntan Publik (KEPAP) 2021 berlaku efektif 31 Desember 2021

KEPAP 2021 merupakan revisi dari KEPAP 2020 yang diadopsi dari Handbook of the International Code of Ethics for Professional Accountants including International Independence Standards 2018 Edition yang diterbitkan oleh International Ethics Standards Board for Accountants (IESBA) dan penambahan revisi yaitu berupa pengadopsian Final Pronouncement Revisions to the Code to Promote the Role and Mindset Expected of Professional Accountants yang diterbitkan oleh IESBA pada Oktober 2020 , mencantumkan pengaturan lebih lanjut terkait Hubungan yang Berlangsung Lama antara Personel (Termasuk Rotasi Rekan) dengan Klien Audit yang sebelumnya tercantum  dalam  Close-Off Document “Hubungan yang Berlangsung Lama antara Personel (Termasuk Rotasi Rekan) dengan Klien Audit”  yang diterbitkan oleh IAPI pada 28 Desember 2020 serta perubahan definisi istilah “keluarga dekat” dari KEPAP 2020.

Download

Mitra