Senin (10/12) IAPI bekerjasama dengan Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Mengawal Agenda Reformasi Perpajakan dan Omnibus Law" Bertempat di Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta. 
Turut hadir sebagai pembicara: Tarkosunaryo (Ketua Umum IAPI), Ardiyanto Basuki (DJP), Rofyanto Kurniawan (Kepala PKPN, BKF), Djangkung Sudjarwadi (Pakar Hukum Pajak), Yunirwansyah (Direktur PP II, DJP). FGD ini dipandu oleh Yustinus Prastowo (Direktur Eksekutif CITA). Pada acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kemenkumham, Komenkop UKM, DJP PP II, Perkoppi, Tax Center UI, BKF, IKPI, dan IAI KAPj.
Ketua Umum IAPI Tarkosunaryo menyampaikan bahwa Laporan Keuangan menjadi penting karena bisa menjadi alat kontrol terkait dengan pemenuhan kewajiban perpajakan oleh Wajib Pajak (WP), maka harus dilampirkan pada SPT. Salah satu indikator laporan keuangan yang baik adalah laporan keuangan yang diaudit oleh Akuntan Publik, karena akan mendukung kepatuhan WP.
Lebih lanjut menurut Tarkosunaryo, Omnibus Law dan Reformasi Perpajakan ini diharapkan memberikan perhatian khusus terhadap perbaikan tata kelola laporan keuangan. Karena selama ini belum maksimal, indikasinya yaitu dari 700.000 WP badan yang melapor SPT baru 5% yang diaudit. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan terkait rendahnya kepatuhan WP dalam memenuhi kewajiban pajaknya. Apalagi ada rencana pemerintah untuk menurunkan tarif PPh badan menjadi 20% di Tahun 2023 dari sekarang 25%, maka penurunan tarif tersebut harus diimbangi peningkatan kepatuhan WP badan diantaranya melalui laporan keuangan yang diaudit. Laporan keuangan yang telah diaudit  ini diharapkan menjadi “Jaring pengaman” Kepatuhan tersebut".
Tujuan FGD ini adalah untuk memberikan masukan kepada Pemerintah dari berbagai sudut pandang/prespektif sehingga dapat dimasukkan ke dalam agenda reformasi perpajakan untuk mendorong kepatuhan pajak (Tax Compliance). IAPI mendukung pemerintah dalam meningkatkan penerimaan pajak dengan cara mencetak lulusan CPA Indonesia yang teruji kompetensinya. pemegang CPA Indonesia adalah profesional dibidang audit, akuntansi & keuangan yang dapat dipercaya oleh publik.
CPA Indonesia, A Trusted Professional