Jurusan Akuntansi FE Unesa menyelenggarakan acara penandatangan nota kesepahaman (MoU) dan kerja sama pembukaan Certified Public Accountant (CPA) Test Center antara Universitas Negeri Surabaya dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) di Gedung G3 Auditorium FE, Kamis (29/11). Pada kesempatan yang sama, diselenggarakan pula kuliah umum bertajuk “Perkembangan Profesi Akuntan Publik dan Program CPA Of Indonesia” yang disampaikan oleh Aria Kanaka, S.E., M.Ak., CA, CPA, sebagai perwakilan dari Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Tujuannya untuk menggali informasi dan pemahaman terkait test center CPA.
Kanaka dalam penyampaiannya mengatakan bahwa peranan akuntan publik ini sangat penting bagi para akademisi. Akuntan publik memiliki peran sentral, diantaranya menciptakan lapangan kerja, membantu peningkatan tax rasio, katalis perekonomian melalui peningkatan kualitas informasi keuangan, dan peningkatan kredibilitas dan akuntabilitas Negara di mata internasional.
Dalam acara ini turut hadir Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Unesa, Drs. Sujarwanto, M.Pd., didampingi oleh Drs. Eko Wahjudi, M.Si., selaku Dekan FE Unesa, Susi Handayani, S.E., Ak., M. Ak., selaku Wakil Dekan Akademik, Dr.Pujiono, S.E., Ak., M.Si., selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Dian Anita Nuswantara, S.E.,Ak., M.Si., selaku Ketua Jurusan Akuntansi FE Unesa, serta dosen dan mahasiswa FE angkatan 2015 dan 2016.