SIARAN PERS
UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH CPA MELALUI CPA DAYS 2018
Depok, 26 November 2018
Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) menggelar acara CPA Days 2018 pada hari Senin & Selasa, 26-27 November 2018 bertempat di Felfest Faculty Club Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Acara ini terselenggara atas kerjasama dengan Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (PPPK Kemenkeu RI) dan Universitas Indonesia. Selain kompetisi akuntansi dan auditing tingkat Nasional yang diikuti oleh 70 tim dari perguruan tinggi se-Indonesia, acara juga diisi dengan Seminar dan Dialog yang dihadiri oleh para akuntan publik dan ahli keuangan. CPA Days 2018 dibuka bersama-sama oleh Wakil Rektor 2 Universitas Indonesia Prof. Sidharta Utama, PhD., Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan RI Bambang Karuliawasto, Plt. Kepala PPPK Kemenkeu RI Bhimantara Widyajala, dan Ketua Umum IAPI Tarkosunaryo.
Tujuan penyelenggaraan CPA Days adalah untuk 1) mensosialisasikan tugas dan peran IAPI sebagai Asosiasi Profesi Akuntan Publik yang diberi kewenangan oleh Pemerintah RI sebagai penyelenggara ujian profesi akuntan publik, penyelenggara pelatihan profesional berkelanjutan, pembuat standar audit, serta pengawasan mutu akuntan publik maupun kantor akuntan publik, 2) menjaring bakat-bakat muda potensial melalui acara lomba kompetensi di bidang akuntansi dan auditing, dan 3) memfasilitasi kesiapan mahasiswa akuntansi untuk berkarir di bidang akuntansi dan auditing.
Ketua Umum IAPI, Tarkosunaryo menegaskan bahwa penyelenggaraan acara ini adalah untuk menggugah minat mahasiswa akuntansi mengambil ujian sertifikasi Certified Public Accountant of Indonesia (CPA). Untuk mendapatkan pengakuan kompetensi bidang akuntansi dan auditing, seorang sarjana akuntansi harus membekali diri dengan CPA yang diterbitkan oleh IAPI. Program sertifikasi ini sejalan dengan misi pemerintah dalam menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang siap bersaing secara global.
Dalam rangka meningkatkan daya saing terkait jumlah Akuntan Publik khususnya di wilayah ASEAN, IAPI memiliki target untuk mencetak 1.600 Akuntan Publik dan pemegang sertifikat CPA sebanyak 5.000 pada tahun 2020 nanti. Sampai dengan saat ini pemegang sertifikat CPA baru sekitar 3400 orang. Untuk merealisasikan target tersebut, IAPI telah dan akan meningkatkan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi Indonesia.
Untuk merealisasikan target tersebut, IAPI telah dan akan meningkatkan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi Indonesia. IAPI telah menyediakan 50 Test Center yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga memudahkan para mahasiswa dan sarjana lulusan akuntansi dalam mengatur jadwal pengambilan ujian CPA sesuai mata ujian yang dipilih. Disamping itu, sejak tahun 2012 sistem ujian CPA telah berbasis komputer yang memungkinkan para peserta ujian mengerjakan soal-soal ujian secara daring di masing-masing Test Center.
Era Masyarakat Ekonomi Asean merupakan tantangan besar yang harus dihadapi oleh Indonesia. Melalui Mutual Recognition Agreement (MRA) di bidang jasa akuntansi, Negara-negara ASEAN menyetujui adanya arus bebas tenaga kerja akuntan profesional ke sesama negara ASEAN. Dengan memiliki sertifikasi CPA yang dikeluarkan oleh IAPI, pemegang CPA dapat mengajukan permohonan pendaftaran ASEAN Chartered Professional Accountant (ASEAN CPA) melalui IAPI sepanjang telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Selanjutnya IAPI akan meneruskan ke Sekretariat ASEAN CPA Coordinating Committee (ACPACC) yang bertempat di PPPK Kemenkeu RI.
Percepatan program lahirnya Akuntan Publik baru dan akuntan bersertifikat CPA sangat diprioritaskan untuk mendukung sistem keuangan yang bersih, handal, dan terpercaya. Peran akuntan publik dalam perekonomian Indonesia sangat vital. Penyediaan informasi keuangan yang handal dan dapat dipertanggungjawabkan menjadi dasar kepercayaan bagi para pemangku kepentingan. Kepercayaan publik akan semakin kuat jika laporan keuangan disiapkan oleh akuntan profesional dan diaudit oleh auditor independen. Lebih lanjut, Akuntan Publik juga berperan dalam peningkatan penerimaan negara melalui penerimaan pajak. Besaran pajak penghasilan badan yang dilaporkan di laporan keuangan, termasuk dalam ruang lingkup yang harus diaudit oleh Akuntan Publik.
    Kontak Media:
Nureni Wijayati   Deddy Saputra
Ketua Panitia CPA Days 2018   Divisi Humas IAPI
n.wijayati@iapi.or.id   deddy@iapi.or.id
         
+62 21 72795445     +62 896-0267-2508 (WA)