Exposure Draft Kode Etik Akuntan Publik
 
Dengan hormat,
Dalam rangka menjalankan amanat dari AD/ART IAPI dan Peraturan Asosiasi No 1 Tahun 2017 yang mengamanahkan kepada Komite Etika Profesi IAPI untukmenyusun dan menetapkan materi Exposure Draft Kode Etik Profesi Akuntan Publik (ED) untuk disebarluaskan kepada anggota IAPI dan masyarakat pada umumnya untuk mendapatkan tanggapan. Sehubungan dengan hal tersebut, Komite Etika Profesi IAPI telah menyetujui ED Kode Etik Profesi Akuntan Publik
ED ini disusun sebagai upaya untuk pemutakhiran Kode Etik Profesi Akuntan Publik (KEPAP) yang ditetapkan IAPI tahun 2008. KEPAP 2008 tersebut merujuk kepada Code of Ethics for Professional Accountants yang diterbitkan oleh International Ethical Standards Board for Accountants (CEPA-IESBA) tahun 2006. Dalam perkembangannya CEPA-IESBA telah mengalami perubahan beberapa kali yang cukup signifikan, terakhir dengan Handbook of Code of Ethics for Professional Accountants yang diterbitkan oleh International Ethical Standards Board for Accountants edisi 2016. Selain itu, pemutakhiran KEPAP ini juga dalam rangka untuk pemenuhan salah satu Statement Membership Obligation oleh IAPI sebagai anggota IFAC.
ED ini terdiri dari Bagian A “Penerapan Umum Kode Etik”, Bagian B “CPA yang Berpraktik Melayani Publik”, dan Bagian C “CPA yang Bekerja pada Entitas Bisnis”. IAPI mengadopsi bagian C dari CEPA-IESBA mengingat pada saat ini CPA yang merupakan anggota IAPI banyak yang bekerja pada entitas bisnis. KEPAP 2008 belum mengakomodasi bagian C tersebut.
Mohon kesediaan Bapak dan Ibu untuk memberikan tanggapan, saran, dan komentar terhadap ED ini. Tanggapan tertulis atas ED ini dapat disampaikan ke Sekretariat IAPI Office 8 Building 12th Floor Unit 12I-12J Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 28, Senopati Raya, Jakarta Selatan atau melalui email keinfo@iapi.or.id atau teknis@iapi.or.id, dan diterima paling lambat pada tanggal 30 September 2018.
Demikian disampaikan dan atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
 

Download pengumuman di sini
Download Exposure Draft di sini