-PRESS RELEASE-
RAPAT UMUM ANGGOTA TAHUNAN DAN SERAH TERIMA DEWAN PENGURUS & DEWAN PENGAWAS IAPI PERIODE 2017-2021


Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) adalah satu-satunya organisasi profesi Akuntan Publik yang diakui oleh Pemerintah Indonesia. Akuntan Publik memiliki peran besar dalam mendukung perekonomian nasional dalam upaya peningkatan penerimaan negara. Sebagai profesi yang hasil pekerjaannya digunakan secara luas oleh masyarakat untuk pertimbangan mengambil keputusan, pemberian jasa profesi Akuntan Publik juga harus mengacu kepada Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP), Kode Etik Akuntan Publik dan Undang-Undang lainnya yang terkait sebagai ukuran mutu yang wajib dipatuhi, sebagaimana tertuang di dalam UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2011 TENTANG AKUNTAN PUBLIK.

Pada tanggal 5 September lalu IAPI telah menyelenggarakan Rapat Umum Anggota tahunan (RUA) 2017 bertempat di Swiss Belhotel mangga besar, Jakarta, RUA IAPI merupakan acara yang digelar tiap tahunnya sesuai dengan ketentuan anggaran dasar (AD) IAPI Tahun 2017 pasal 15 tentang penyelenggaraan RUA. Adapun agenda acara RUA IAPI sebagai berikut; (1) Persetujuan dan pengesahan laporan keuangan tahunan Dewan Pengurus periode 2013-2017. (2) Penetapan dan pengesahan hasil penghitungan suara pemilihan Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas periode 2017-2021. (3) Penetapan dan pengesahan Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas terpilih periode 2017-2021. (4) Persetujuan dan pengesahan program kerja dan anggaran tahunan. (5) Persetujuan dan pengesahan Akuntan Publik untuk mengaudit laporan keuangan IAPI tahun buku 2017. (6) Serah terima tugas Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas periode 2013-2017 kepada Dewan Pengrus dan Dewan Pengawas terpilih 2017-2021.

RUA IAPI di buka oleh Tarkosunaryo Ketua Umum IAPI disertai dengan pemukulan gong sebagai tanda RUA IAPI secara resmi telah di buka, acara di lanjutkan dengan presentasi dari Suhartono, Hari Purwantono, Florus Daeli, dan M. Achsin selaku Dewan Pengurus IAPI periode 2013-2017. Dalam pidatonya Tarkosunaryo mengatakan “Perkembangan profesi Akuntan Publik di Indonesia sangat dinamis, di level Internasional ASEAN CPA dan MEA sudah semakin dekat tentu membutuhkan respon dari kita semua untuk berperan aktif dengan mempersiapkan strategi agar kita siap mengikuti perkembangan, sedangkan di level Nasional pemerintah kita juga sedang concern dengan penerimaan pajak, itu juga perlu kita cermati karena ketika kita melakukan audit dari laporan keuangan sedikit banyak akan ter-expose complience dari wajib pajak yang merupakan client dari pemerintah

Selain membahas laporan keuangan IAPI tahun buku 2016 seperti yang diagendakan setiap tahunnya ada yang spesial pada RUA yang diselenggarakan kali ini, yaitu pengukuhan Dewan Pengurus & Dewan Pengawas terpilih pada Pemilihan Raya (Pemira) IAPI tanggal 9 Agustus silam yang dilaksanakan serentak di sepuluh Kota di seluruh Indonesia. Pemira IAPI tahun ini untuk pertama kalinya menelurkan 17 Dewan Pengurus (tiga diantaranya perwakilan CPA Non AP) dan 4 Dewan Pengawas yang akan memimpin IAPI selama 4 Tahun secara Kolektif Kolegial. 17 Dewan Pengurus dan 4 Dewan Pengawas terpilih berdasarkan suara terbanyak adalah; (1) Tarko Sunaryo. (2) Sapto Amal Damandari. (3) Tia Adityasih. (4) Hendang Tanusdjadja. (5) Suhartono. (6) Handoko Tomo. (7) Merliyana Syamsul. (8) Aria Kanaka. (9) Ellya Noorlisyati. (10) Florus Daeli. (11) Irhoan Tanudiredja. (12) Syahril Ali. (13) Rian Benyamin Surya. (14) Sugeng Praptoyo. (15) Steven Tanggara. (16) Irwan Hawsir. (17) Palti Ferdrico T.H.S. Sedangkan untuk Dewan Pengawas terpilih; (1) M. Achsin. (2) Paul Hadiwinata. (3) Mawar I.R Napitupulu. (4) Lea Buntaran. Selamat dan Sukses kepada Dewan Pengurus & Dewan Pengawas IAPI periode 2017-2021, Jayalah Akuntan Publik Indonesia!