Guna meningkatkan kompetensi teknis dan soft skill staf Kantor Akuntan Publik (KAP), divisi Pelatihan Profesional Berkelanjutan (PPL)  Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) kembali mengadakan PPL Khusus Staf KAP. Diadakan pada Kamis, 27 April 2017 lalu di Universitas Katolik (UNIKA)  Atma Jaya Jakarta, PPL Khusus Staf kali ini dihadiri oleh 202 peserta yang merupakan staf KAP, dosen, serta mahasiswa. Ada pun tema yang diangkat mengenai “Critical Overview Perkembangan SPAP Terbaru Standar Perikatan Asurans (SPA) dan Standar Jasa Terkait (SJT)” dan “Effective & Efficient Time Management”.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Bapak Franky Setiawan selaku Pelaksana Tugas Direktur Eksekutif IAPI. Beliau menyampaikan harapan agar PPL Staf KAP ini dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kompetensi para staf KAP khususnya, dan peserta lain pada umumnya. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh Bapak Andreas J. Atta Ujan selaku dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKA Atma Jaya. Beliau menyambut baik kerjasama dengan IAPI, terlebih lagi kali ini merupakan ketiga kalinya UNIKA Atma Jaya bekerja sama dengan IAPI dalam penyelenggaraan pelatihan yang juga melibatkan dosen serta mahasiswa sebagai peserta.

Pelatihan sesi awal diisi oleh Bapak Godang P. Panjaitan selaku narasumber. Beliau merupakan Partner KAP Tanubrata, Sutanto, Fahmi, Bambang & Rekan, yang juga menjabat sebagai Dewan Standar Profesional Akuntan Publik di IAPI. Belaiau membahas mengenai Standar Perikatan Asurans (SPA) 3000, 3400, 3402,  3420, Standar Jasa Terkait (SJT) 4400 dan 4410, serta Perkembangan Standar Audit Internasional. Penerbitan standar-standar baru ini merupakan rangkaian dalam proses adopsi Handbook of International Quality Control, Auditing, Review, Other Assurance, and Related Services Pronouncement (“Handbook”) yang diterbitkan oleh International Auditing and Assurance Standards Board (IAASB) ke dalam SPAP sebagai pemenuhan salah satu kewajiban IAPI sebagai anggota International Federation of Accountants (IFAC).

Sesi kedua pelatihan diisi oleh Bapak Toni Yoyo yang merupakan Management & Business Consultant, Public Speaker, Radio & TV Speaker, Lecturer,Writer, Graphologist serta Hypnotherapist. Berbeda dengan tema sesi awal, pembahasan pada sesi kedua ini mengarahkan peserta untuk lebih mengasah kompetensi soft skill nya terkait manajemen waktu. Ada pun pembahasan yang disampaikan terkait pengelolaan waktu yang efektif dan efisien agar tujuan, sasaran, atau target yang sudah ditentukan bisa dicapai menggunakan waktu yang sesedikit atau seminimum mungkin. Kemampuan ini tentunya dibutuhkan bagi para staf KAP yang seringkali dihadapkan oleh deadline pekerjaan yang ketat, namun tetap harus menghasilkan pekerjaan yang berkualitas.

Bagikan :