Universitas Prima Indonesia (Unpri) diberi kepercayaan untuk melaksanakan ujian bersertifikat atau Certifiet Public Acountant (CPA) kepada para akuntan di Sumut.

Kepercayaan tersebut diberikan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) melalui kerja sama yang dilakukan kedua lembaga lewat nota kesepakatan.

Ketua IAPI, Suhartono MPA Ak CPA CA mengatakan, ujian atau tes sertifikat terhadap akuntan di Sumut hanya dipercayakan kepada dua perguruan tinggi yakni Universitas Sumatera Utara (USU) dan Unpri.

Oleh karenanya, Unpri menjadi perguruan tinggi swasta pertama di Sumut yang diberikan kepercayaan itu.

“Dengan kepercayaan tersebut, Unpri dapat meningkatkan kredibilitas para akuntan dimata nasional dan internasional. Dengan begitu, harapannya kompetensi para akuntan di Sumut maupun Medan dapat semakin meningkat,” ujar Suhartono disela-sela penandatangan nota kesepakatan dengan Unpri di kampus tersebut, Jalan Belanga Medan, Senin (6/3/2017).

Diutarakan Suhartono, selain memberi kepercayaan, turut didirikan Test Centre. Kata dia, Test Centre ini merupakan suatu tempat untuk melakukan ujian bersertifikat kepada para akuntan.

Sementara, Ketua BPH Unpri Dr Tommy Leonard SH MKn mengatakan, dengan kehadiran Test Centre di Unpri akan dapat memberikan banyak kemudahan bagi para akuntan yang perlu sertifikasi. Sehingga, tidak perlu lagi jauh-jauh ke Pulau Jawa.

“Test Centre ini terbuka untuk umum, siapapun dapat mengikuti ujian sertifikasi. Asalkan, memenuhi syarat dan kriteria sebagai akuntan,” ujar Tommy.

Kepala Prodi Magister Akuntansi Unpri, Teng Sauh Hwee SE MSi menuturkan, dengan dibukanya Test Centre ini juga dapat menghasilkan lebih banyak akuntan yang bersertifikasi. Dengan begitu, tentunya semakin meningkatkan kepercayaan publik atas akuntan-akuntan di Sumut atau Medan.

“Diharapkan pemberi jasa akuntan bisa menjadi profesionalis, dan dapat berkontribusi secara nasional maupun internasional. Dengan kata lain, profesi ini tidak menjadi lahan bagi profesional dari luar negeri,” ungkapnya.

Sumber: http://sumut.pojoksatu.id/2017/03/06/unpri-dipercaya-untuk-uji-calon-akuntan-di-sumut/