Anda harus mempunyai Akun sebagai Peserta CPA of Indonesia Exam yang dapat diperoleh di website www.cpaindonesia.or.id.
IAPI hanya menyelenggarakan CPA of Indonesia Exam. IAPI tidak menyelenggarakan pelatihan maupun bekerja sama dengan pihak penyelenggara pelatihan/ persiapan CPA of Indonesia Exam manapun.
Peserta yang telah dinyatakan lulus CPA of Indonesia Exam diwajibkan untuk menjadi anggota IAPI dan mengikuti PPL (Pendidikan Profesional Berkelanjutan) yang diselenggarakan oleh IAPI serta diwajibkan untuk memenuhi 40 SKP setiap tahunnya.
Materi ujian dapat dilihat di Silabus CPA of Indonesia Exam.
Tanggal Berlaku akun adalah tanggal batas Login Akun CPA. Anda tetap dapat Login selama batas tanggal tersebut walaupun kesempatan ujian 6 periode tanpa jeda anda sudah habis.
Bentuk soal yang diujikan adalah pilihan ganda dan esai.
Untuk dapat mengikuti CPA of Indonesia anda tidak diwajibkan untuk memiliki pengalaman kerja. Pengalaman kerja diperlukan untuk penerbitan Sertifikat CPA of Indonesia.
Minimal pengalaman kerja untuk mendapatkan sebutan CPA of Indonesia adalah peserta yang memiliki pengalaman kerja yang dapat diverifikasi minimal 3 tahun dalam bidang auditing, akuntansi, pelaporan keuangan atau mempunyai pengalaman mengajar diperguruan tinggi selama minimal 4 tahun dalam bidang auditing atau akuntansi keuangan.
Sebutan CPA of Indonesia dapat dicabut atau dinonaktifkan dengan kondisi tertentu. Misal: tidak mengumpulkan 40 SKP setiap tahunnya, terlibat dalam kejahatan atau penipuan yang menggunakan gelar CPA of Indonesia,dsb.
Anda dapat melakukan perubahan jadwal (waktu) dan tempat ujian maksimal 3 hari kerja sebelum waktu dan tempat yang telah ditetapkan sebelumnya.
Hari diselenggarakan CPA of Indonesia Exam bergantung pada setiap Testing Center
Jadwal dan tempat ujian TIDAK BISA dirubah ke Periode Ujian selanjutnya. Jadwal dan tempat ujian hanya dapat dirubah ke periode ujian yang sedang berlangsung dan selama tempat ujian tersedia.