Sertifikasi Akuntan Publik

Certified Public Accountant of Indonesia, disingkat CPA of Indonesia atau CPA, merupakan sebutan (designation) sertifikasi tertinggi profesi akuntan publik di Indonesia. Sertifikasi CPA of Indonesia merupakan sertifikasi berbasis kompetensi individu; dengan demikian basis penyelenggaraan sertifikasi adalah, dan akan selalu, berbasis pada kompetensi yang dibutuhkan individu untuk berpraktek, atau menginginkan keahlian yang dibutuhkan untuk berprofesi, sebagai akuntan publik. Kompetensi mencakup pengetahuan teoritis bidang yang diperlukan untuk berpraktek sebagai akuntan publik; termasuk berbagai ilmu akuntansi, auditing, pengendalian internal, sistim informasi, perpajakan, ekonomi makro dan mikro, manajemen keuangan dan hukum bisnis secara umum, yang memungkinkan mereka melakukan akumulasi dan evaluasi informasi dalam menjalankan profesi sebagai akuntan publik; standar profesi, etika profesi, serta keahlian dan pengalaman dalam mempraktikan pengetahuan bidang yang diperlukan. Sertifikasi akuntan publik diselenggarakan sesuai dengan payung hukum undang-undang nomor 5 tahun 2011 tentang Akuntan Publik dan peraturan pelaksanaan melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 443/KMK.01/2011 tentang penetapan Institut Akuntan Publik Indonesia sebagai Asosiasi Profesi Akuntan Publik, sebagaimana dimaksud dalam undang-undang nomor 5 tahun 2011, serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.01/2008. Sertifikasi akuntan publik merupakan salah satu persyaratan yang diperlukan untuk penerbitan ijin praktek individu oleh Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Basis Penyelenggaraan Sertifikasi

Sertifikasi CPA of Indonesia merupakan satu-satunya sertifikasi akuntan publik di Indonesia yang diselenggarakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) sebagai satu-satunya Asosiasi Profesi Akuntan Publik sebagaimana dimaksud dalam undang-undang nomor 5 tahun 2011 tentang Akuntan Publik dan peraturan pelaksanaan melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 443/KMK.01/2011 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.01/2008.

Ujian sertifikasi

Proses pendaftaran secara online disajikan oleh Dewan Sertifikasi Institut Akuntan Publik Indonesia sehubungan dengan proses ujian sertifikasi akuntan publik berbasis komputer, dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses penerbitan sertifikat CPA of Indonesia. Proses pendaftaran secara online disajikan untuk memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi calon peserta ujian untuk mendaftar ujian tanpa batasan ruang dan waktu.

Ujian sertifikasi dapat dilakukan peserta di seluruh testing center yang menyelenggarakan CPA of Indonesia Exam, baik yang dimiliki IAPI di Lantai 12, Perkantoran Office 8, Jl. Senopati Raya, Jakarta Selatan, maupun testing center yang dimiliki/ bekerja sama dengan Prometric, di seluruh dunia. Ujian dapat dilakukan disetiap periode testing window.

PENTING

Dengan berlakunya ujian sertifikasi berbasis komputer (computerized based testing) CPA of Indonesia, maka ujian sertifikasi secara manual (pencil and paper) ditiadakan.

Seluruh calon peserta, baik yang pernah menempuh ujian secara manual dan belum lulus maupun peserta baru diwajibkan untuk melakukan pendaftaran secara on-line. Dengan berlakukanya pendaftaran secara on-line maka pendaftaran secara manual ditiadakan.

Ketentuan Umum Pendaftaran

Anda dapat menggunakan Web Browser berikut:

  • Internet Explorer 5.0 atau higher
  • Mozilla atau compatible
  • Safari 6.0


Untuk melakukan pendaftaran, anda harus:

  1. Memiliki alamat e-mail;
  2. Memiliki Akun Peserta CPA of Indonesia Exam, yang dapat diperoleh melalui pendaftaran secara online; dan
  3. Memenuhi semua persyaratan terkait dengan pendaftaran CPA of Indonesia Exam.


Sebelum melakukan pendaftaran, anda disarankan untuk membaca dengan seksama seluruh ketentuan pendaftaran. Pendaftar yang tidak memenuhi seluruh ketentuan dan persyaratan tidak diperkenankan untuk duduk sebagai Peserta CPA of Indonesia Exam.

Akun dan status anda sebagai Peserta CPA of Indonesia Exam akan aktif dan berlaku selama 24 bulan.
Anda dapat mengikuti 8 (delapan) periode ujian secara berurutan terhitung sejak akun aktif. 

Layanan Informasi

Anda tidak dapat membatalkan atau merubah aplikasi yang telah anda buat setelah melakukan "submit".

Pertanyaan terkait dengan pendaftaran secara online silahkan hubungi pelaksana ujian melalui e-mail: info@cpaindonesia.or.id atau hubungi 021-29333151.

Nomor unik Identifier
Jumlah Identifier permanen unik Anda adalah kode alfanumerik termasuk dalam surat pemberitahuan Unique Identifier yang mungkin sebelumnya telah dikirimkan kepada Anda, yang terletak di blok alamat dari sebuah aplikasi yang dikirimkan kepada Anda, atau dapat ditemukan pada laporan kelas sebelumnya. Untuk memastikan bahwa nilai ujian Anda benar dikreditkan ke file Anda, adalah sangat penting bahwa Anda memberikan kami Nomor Unique Identifier Anda.
Jika Anda tidak memiliki Nomor Pengenal unik ditugaskan untuk Anda atau tidak ingat nomor Anda, Anda dapat melanjutkan menyelesaikan aplikasi. Setelah Dewan Ujian Staf Unit menerima pembayaran Anda, Anda akan menerima pemberitahuan tentang Nomor Pengenal permanen unik yang telah diberikan kepada Anda. Nomor ini digunakan untuk memastikan bahwa semua calon kami menerima kredit yang tepat untuk kelas ujian. Setelah Anda telah memiliki Nomor Unique Identifier, Anda harus mengacu pada nomor ini setiap kali Anda sesuai dengan Dewan. Jika suatu saat Anda menerima Jumlah Identifier unik yang berbeda, Anda harus menghubungi Dewan di examinfo@cba.ca.gov.

Nomor Unik

Setiap pendaftar akan mendapatkan Nomor Unik permanen, berupa kode alfanumerik, yang akan digunakan sebagai nomor identifikasi untuk komunikasi antara peserta ujian dengan Dewan Sertifikasi Institut Akuntan Publik, Penyelenggara CPA of Indonesia Exam terkait dengan sertifikasi akuntan publik. Komunikasi tersebut termasuk hal-hal yang menyangkut proses ujian, pengumuman hasil ujian, dan penerbitan sertifikat. Selain itu Nomor Unik juga berfungsi sebagai nomor identitas IAPI yang akan dipergunakan sebagai nomor referensi utama dalam pemenuhan kewajiban pasca lulus ujian, termasuk antara lain pemenuhan Pendidikan Profesi Lanjutan, maupun hal-hal lain terkait dengan sertifikasi akuntan publik yang diselenggaran IAPI.

Nomor Unik anda terletak di bagian alamat surat pemberitahuan kelayakan untuk mengikuti CPA of Indonesia exam yang akan dikirimkan kepada anda. Bagi peserta yang pernah mengikuti ujian berbasis manual (pencil and paper), nomor unik anda tidak berubah dan dapat ditemukan pada kartu ujian anda, maupun surat pemberitahuan dari IAPI terkait dengan ujian sertifikasi. 

Jika anda tidak memiliki Nomor Unik, anda tetap dapat melanjutkan dan menyelesaikan pendaftaran. Anda dapat memperoleh nomor tersebut, setelah melakukan pembayaran pendaftaran, dengan menghubungi staff Pelaksana CPA of Indonesia Exam. Anda harus mengacu Nomor Unik yang diberikan setiap kali berkomunikasi dengan Pelaksana CPA of Indonesia Exam maupun bagian terkait dengan sertifikasi. Jika suatu saat anda menerima Nomor Unik yang berbeda dengan yang pernah anda terima, anda harus menghubungi Pelaksana CPA of Indonesia Exam di email:info@cpaindonesia.or.id.

Pemberitahuan dan Informasi Umum

Anda akan mendapatkan surat pemberitahuan melalui email yang anda rujuk atas:

  1. Pendaftaran CPA of Indonesia Exam dan Nomor Unik, ketika anda telah melakukan pembayaran;
  2. Kelayakan/ atau ketidak layakan untuk mengikuti CPA of Indonesia Exam setelah melalui proses uji kelayakan;
  3. Pemberitahuan atas adanya pengumuman/ informasi yang disampaikan dalam Akun yang anda buat.


Ketentuan dan informasi lain sehubungan dengan ujian sertifikasi dan penerbitan sertifikat CPA of Indonesia dapat dilihat di halaman Informasi Umum.